Selasa, 09 April 2013

SAMBAH MANYAMBAH (ALUR PASAMBAHAN )



Dalam upacara adat di Minangkabau pada umumnya dan di Koto Gadang khususnya selalu dijumpai acara yang secara umum disebut sebagai acara "sambah manyambah". Acara ini dilakukan dalam upacara adat yang merupakan pembicaraan antara si pangka (yang punya acara tersebut) dengan si alek (tamu pada acara tersebut). Si pangka akan menyampaikan permasalahan yang akan dilakukan pada acara tersebut dan si alek akan mengolah dan menyampaikan tanggapan atas apa yang disampaikan si pangka. Semuanya disampaikan dalam tutur kata yang terjalin dengan indah dan disertai dengan petatah petitih dalam dialek Minangkabau.


Apabila diperhatikan apa yang disampaikan oleh pembicara dalam acara sambah manyambah ini terlihat bahwa kata-kata yang disampaikan ini tersusun dengan rapi dan mengandung pengertian yang dalam, sehingga makin jelas bagi kita betapa tingginya budaya yang kita miliki ini. Sayangnya tidak banyak diantara kita yang betul-betul menikmati dan memahami apa yang terjadi dalam acara sambah manyambah ini.
Dalam tulisan ini kami ingin menyampaikan pandangan tentang apa yang kami ketahui tentang sambah manyambah ini. Tentu saja penyampaian ini bukanlah analisa dari seorang yang sangat memahami adat (ahli adat) karena kami bukanlah seorang yang memahami adat secara baik dan betul. Yang akan kami sampaikan ini adalah pemahaman kami tentang acara sambah manyambah yang kami ketahui sebagai seorang putra Koto Gadang yang besar dikampung dan beberapa kali terlibat dalam acara sambah manyambah ini. Kalau analisa kami ini tidak berkenan dihati pembaca yang lebih memahami adat, (kami sangat menyadari hal ini), mungkin dapat dibalikkan fakta ini menjadi : " inyo nan gadang dikampuang dan pernah pulo ikuik sambah manyambah



dikampuang cuma sakitu pemahamannyo, apolagi nan ……………".
Sambah manyambah , adalah acara adat yang sangat menentukan dalam suatu proses adat. Penyampaian tentang acara yang akan dilakukan diucapkan secara formal kepada yang hadir dan si alek akan menanggapinya pula secara formal. Tergantung kepada acaranya yang bermacam-macam, bisa malapeh marapulai, mampasilakan makan, minta diri kapulang, manjapuik/malapeh ninik mamak dan lain sebagainyo, maka cara penyampaian dan apa yang diucapkanpun berbeda pula.
Untuk selanjutnya kami ingin membicarakan acara sambah manyambah dalam suatu pesta perkawinan. Untuk ini kami mulai dengan sambah manyambah dalam acara dirumah anak daro sesudah marapulai sampai dan para tetamu sudah duduk menghadapi hidangan yang tersedia.

(Akad nikah bisa dilakukan pada waktu itu atau sebelumnya. Tidak ada acara adat formal yang menyertai upacara akad nikah, karena ini adalah acara yang dipimpin oleh angku kadi/pengulu. Sesudah akad nikah selesai dan diiringi dengan do’a maka sipangka akan mengetengahkan nasi. Samba dan kue–kue parabuang biasanya sudah terletak sebelum tamu menaiki rumah.)
Sesudah selesai menghidangkan nasi, maka si pangka, dalam hal ini diwakili oleh urang sumando dari suku anak daro menyampaikan pasambahan yang ditujukan kepada salah seorang wakil dari si alek yang biasanya sudah ditentukan secara aklamasi oleh yang hadir diruangan itu.



(Disinilah satu-satunya tempat bagi seorang urang sumando untuk memperlihatkan kehebatannya karena seperti kita ketahui, di rumah istrinya seorang laki-laki di Minangkabau tidak mempunyai peran apa-apa, "urang sumando, abu diateh tunggua")
Pasambahan ini dimulai dengan menyapa orang-orang yang hadir yang dihormati secara adat.
St.Alamsyah (si pangka) : " Ma Angku Datuak Marajo, ambo manyambah. (tangan



St.Alamsyah dirapatkan didepan dadanya, seperti menyembah raja, dan diarahkan ke tempat e.Dt.Marajo duduk). Angku Dt.Palindih ambo manyambah.(tangan seperti tadi kembali) Angku Dt.Palimo ambo manyambah. Kasudahan sambah ka angku Sutan Mangkuto. ( berarti untuk seterusnya yang akan mewakili si alek adalah St.Mangkuto).
St.Mangkuto : " Manitahlah St.Alamsyah.


(kalau diperhatikan apa yang disampaikan St.Almsyah, yaitu St.Alamsyah manyambah ka St.Mangkuto, hakikatnya St.Alamsyah menempatkan St Mangkuto diposisi sebagai raja yang disambah, dan kemudian St.Mangkuto menjawab, "manitahlah ", inipun meletakkan posisi St.Almsyah sebagai raja yang memberikan titahnya, bukannya dijawab "manyambahlah". Suatu penyampaian sopan santun yang hanya bisa dinikmati kalau kita memahami falsafahnya.)
St.Alamsyah : " Sungguahpun angku St.Mangkuto surang nan ambo sambah, alah
sarapek papeknyolah niniak mamak nan gadang basa batuah, imam khatib tuangku nan duo-tigo kadudukan, sarato jo dunsanak nan tahadia ditangah rumah nangko, tampek ambo maantakan sambah. Indak taatok tabilang gala, jo sambah ambo muliakan. Indaklah ambo maraso malampau malinteh, dek ambo tagak saujo salapeh sipangkalan, di ambo tabik pasambahan.




(penyampaian ini memberikan kesan bahwa pembicaraan antara St.Alamsyah dan St.Mangkuto ini sebenarnya melibatkan seluruh orang yang hadir diruangan tempat acara itu berlangsung. Dan penunjukan St,Alamsyah sebagai pembicara adalah suatu kesepakatan bersama. Selanjutnya St.Alamsyah akan menyampaikan apa yang menjadi keinginan si pangka.)



Ma St.Mangkuto. Dihari nan sahari nangko, nan namonyo hari baiak  utiko elok, silang nan bapangka nak malapeh niaik duduak basamo jo angku-angku. Saiyo pulo kiniko janjang nan alah batingkek, bandua nan alah batapuak, duduak katangah rumah nangko. Nan iyo pulo di silang nan bapangka karajo nan bapokok, iyolah alah disuruah pulo nan capek kaki nan ringan tangan untuak mahedangkan katangah. Samuntalah pulo iyolah bak kato urang tuo-tuo, kok sambahyang dibari bawakatu, kok makan dibari bakutiko, iolah rasonyo alah tibo pulo kini kutiko makan. Pandang jauah kok dilayangkan, pandang dakek kok ditukiakkan, iyolah dihedangan nan katangah.
Bapamintaan pulo kami dari silang nan bapangka karajo nan bapokok, ka alek nan tahadia ditangah rumahko, kok hidangan nan katangah mintak diparenai. Sakian sambah bakeh angku".
St.Mangkuto : " Alah sampai tu Sutan?"
StAlamsyah : " Alah, Sutan".
St.Mangkuto : " Ma. St.Alamsyah. Sungguahpun Sutan surang nan ambo sambah alah
sarapek papeknyolah Sutan nan baipa-ipa bisan nan baurang sumando tampek ambo maantakan sambah. Indak taatok tabilang gala jo sambah ambo muliakan. Alah bulek kato dek mupakaik, bulek aia dek pambuluah diambo tabik pasambahan.
Ma, St.Alamsyah, dihari nan kapatang dek sipangka alah disuruah disarayo anak mudo nan capek kaki nan ringan tangan, manyampaikan kaba baiak ko. Nan jauah alah bajalang, nan dakek alah bajapuik. Dan iyo pulo dihari nan sahari nangko, janjang nan alah batingkek, bandua nan alah batapuak, duduak ditangah rumah nangko. Saiyo pulo dek si pangka, alah bananti jo hedangan nan katangah. Kok sumbayang dibari bawakatu, kok makan dibari bakutiko, alah tibo pulo kutiko makan, mintak diparenai juadah nan katangah. Kan iyo baitu , Sutan?"


(St.Mangkuto mengulang apa yang disampaikan oleh St.Alamsyah tadi sesuai dengan apa yang difahaminya dan meminta pembenaran dari St.Alamsyah. Pengulangan ini tidak mutlak harus sama bunyinya, tetapi disinilah seseorang yang mengetahui lebih banyak bunga kata, akan mengulangi penyampaian dari sipangka dengan variasi ucapan yang berbeda tetapi intinya sama Dan ini memperlihatkan pula kelihaian seseorang dalam acara sambah manyambah ini.)
St.Alamsyah : " sabananyo tu Sutan"
St. Mangkuto : " Ma St. Alamsyah. Sapanjang panitahan dari Sutan tadi, alah dalam
adaik nan bapakai, dalam cupak nan baisi.. Tapi sungguahpun baitu, dek lamak siriah lega carano, lamak kato lega bunyi, elok kato dek mupakaik. Dek karano kami disabalah kamari ko ado baniniak jo mamak, ado baduo batigo pulo, kok ambo elo sabanta ambo bao bamupakaik lai koh dalam adaik tu Sutan?"
St.Alamsyah : " Alah sampai tu, Sutan"
St.Mangkuto : " Sakiro-kiro, Sutan"
St.Alamsyah : " Angku St.Mangkuto. Iyolah di angku bapakaikan bana kato urang tuo
-tuo, kato surang babuleki, kato basamo bapaiokan. Sabana-bananyo tuh Sutan. Pailah Sutan jo parundingan ambo disiko tagak jo panantian".


(St.Mangkuto tidak mau memutuskan apa yang harus menjadi jawabannya sebagai wakil dari si alek. Walaupun dia sudah mendapat mandat sebagai wakil si alek, namun untuk memutuskan jawabannya St.Mangkuto meminta waktu sebentar ke St.Alamsyah untuk bermusyawarah dengan si alek yang lain. Cara bermusyawarah untuk ini di Koto Gadang biasanya dilakukan hanya dengan memperbincangkan dengan orang disekitar St.Mangkuto saja. Di kampung lain di Kab. Agam, yang pernah kami hadiri, pembicaraan tentang mintak pendapat dari yang lain inipun dilakukan dengan melakukan sambah manyambah lagi dengan salah seorang dari si alek di kelompok yang lain. Begitu dapat kata sesuai dari si alek yang lain St.Mangkuto kembali menyapa St.Alamsyah).
St.Mangkuto : " Ma St.Alamsyah. Dihari nan tadi mintak waktu ambo sasaat sakutiko
untuak mampaio mampatidokan apo nan disampaikan dek silang nan bapangka karajo nan bapokok tadi. Pandang jauah nan balayangkan, pandang dakek nan batukiakkan, iyolah dihedangan nan katangah.
Kok balaia nak sampai kapulau, kok bajalan nak sampai ka bateh. Kan baitu bana tu Sutan? Iyo pulo, alah dapek pulo dek ambo kato nan saiyo, kok dimuloi dek sipangka nak kami turuikkan dibalakang. Sakian sambah, bakeh Sutan".
St.Alamsyah : " Ma St.Mangkuto. Dihari nan tadi angku mintak janji sasaat sakutiko
untuak mampaio mampatidokan nan disampaikan dek sipangka. Samuntalah pulo, io alah dapek pulo rundiang nan saukua, kato nan saiyo, tantangan hedangan nan katangah, dimuloi dek sipangka dituruikkan dek si alek. Kan iyo baitu bana tu Sutan?"
St.Mangkuto : " Iyo, sabana-bananyo tu Sutan".
St.Alamsyah : " Indak baitu doh Sutan, indak badaulu bakudian doh. Basamo-samo
kito mulai jo Bismillah. Nan awak, baparantian kito Sutan?"
St.Mangkuto : " Kok baitu kandak Sutan, iyolah awak muloi jo
Bismillaahirrahmaanirrahiim.. Rancak baparantian kito Sutan."






Selesailah sambah manyambah dalam mempersilakan makan. Dan para tetamupun menikmati hidangan yang telah tersedia, namun marapulai hanya duduk saja menyaksikan orang makan. Tidak diadatkan marapulai makan pada acara mengantar marapulai ini.
Pada kesempatan yang akan datang akan disampaikan acara sambah manyambah minta diri sesudah selesai makan.

1 komentar:

  1. Sangat berguna informasi ini. Tapi sangat disayangkan semakin sedikit anak muda yg melestarikan adat budaya ini.

    BalasHapus